Sabtu, 03 Desember 2011

Al-Quran, Pedoman Hidup Kita

17.50 by nevis · 0 komentar

Seperti kita ketahui bahwa setiap produk buatan manusia baik elektronik ataupun teknologi seperti halnya ponsel, mobil dan yang lainnya pasti memiliki "Manual Book/User Guide", fungsinya tentu sebagai pedoman menggunakan benda tersebut agar digunakan secara semestinya. Isinya mulai dari struktur/komponen produk, fungsi produk tersebut, cara pemakaian, cara perawatan hingga larangan-larangan yang harus dipatuhi dalam penggunaannya.

Sebagai contoh, sebuah mobil dengan type tertentu tidak boleh menggunakan bahan bakar jenis bensin karena akan mengurai kinerja mesin dan dalm jangka waktu yang cukup lama akan merusak mesin. atau sebuah produk ponsel, tak boleh terkena air karena akan mengurangi kemampuan kerjanya atau bahkan rusak. Bila mengikuti anjuran manual book itu, maka setiap produk pasti lebih awet dan terjaga kinerjanya sehingga akhirnya menguntungkan bagi pemakainya. Sebaliknya jika penggunaannya melenceng dari buku tersebut maka yang terjadi adalah kemunduran manfaat produk atau bahkan kerusakan dan akhirnya merugikan pemakainya. Seluruh produsen produk yang mngeluarkan buku tersebut pasti menganjurkan kita untuk membaca buku itu sebelum menggunakan produknya.

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang juga diberikan manual book, sebuah pedoman hidup untuk manusia untuk menjalani kehidupannya. Buku tersebut dibuat karena Dia pasti tahu tujuan penciptaan  kita (manusia), cara dalam menjalani hidup dan larangan-larangan yang harus dipatuhi. Buku itu bernama Al-Quran, sebuah pedoman yang harus kita ikuti dan patuhi agar kita tahu untuk apa sebenarnya kita di ciptakan, sehingga kita tahu bagaimana cara menjalani kehidupan semestinya, serta larangan-larangan yang tak boleh kita lakukan.

Allah SWT menghendaki kita membaca Al-Quran, memahaminya lalu mengamalkan dan mengikuti Al-Quran secara sempurna agar kita selamat dalam menjalani kehidupan kita yang tidak hanya di dunia ini tapi juga di akhirat.

Jadi mari sekarang juga kita membaca, memahami dan mengamalkan  Al-Quran agar kita tak merugi dan celaka dalam hidup kita yang sementara ini. Sungguh Allah SWT tak ingin manusia hidup di belantara dunia dalam kebingungan dan kesesatan. Oleh karenanya Allah menurunkan Al-Quran untuk kita melalui lisan Rasul yang Mulia Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 2,  “Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.”

Dilanjutkan dengan pernyataan Allah dalam surah An-Nahl ayat 89, yakni  “…..Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.”

Rasulullah SAW, bersabda, “Jangan jadikan rumah kalian kuburan. Sungguh, rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah tidak dimasuki setan.” (HR At-Tarmidzi)

“Pelajari, baca, dan amalkan Alquran. Perumpamaan Alquran pada orang yang mempelajari, membaca, dan mengamalkannya seperti belalang yang berlumur kesturi. Ia dapat mengharumkan semua tempat yang dihinggapinya. Sedangkan perumpamaan Alquran pada orang yang mempelajarinya saja, lalu diam tidak mengamalkan laksana belalang yang hinggap diatas kesturi.” (HR At-Tarmidzi) Wallahu a’lam bis shawab.

Sumber : Republika Online

komentar

0 Responses to "Al-Quran, Pedoman Hidup Kita"

Posting Komentar